Perkiraan 2012: Bursa Sangat Fluktuatif

Edna C Pattisina | Nasru Alam Aziz | Sabtu, 29 Oktober 2011 | 12:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bursa dunia diperkirakan akan mengalami kecenderungan fluktuatif selama tahun 2012. Pasalnya, bursa akan lebih ditentukan oleh keputusan-keputusan politik yang mencicil solusi ekonomi.

Hal ini disampaikan Michael Tjoajadi, Presdir PT Schroders Investment Management Indonesia, Sabtu (29/10/2011), dalam acara temu wicara Share and Learn Harian Kontan dengan tema “Reksadana Tetap Profit di Masa Sulit”.

Michael mencontohkan, antusiasme pasar yang melonjakkan indeks beberapa bursa asing di Eropa dan Amerika Serikat akibat hasil pertemuan para pemimpin Eropa tentang pemotongan utang Yunani, Kamis lalu. Antusiasme ini merosot hanya sehari kemudian ketika ada beberapa pendapat yang mempertanyakan keputusan tersebut.

“Solusi yang dihasilkan akan bersifat sedikit demi sedikit tidak akan menyelesaikan masalah secara umum,” kata Michael.

Akibatnya, pola 2012 akan terjadi kenaikan sedikit dilanjutkan penurunan, lalu naik lagi, begitu seterusnya.

Michael mengemukakan, karena Uni Eropa memiliki kekuatan dan kebijakan fiskal yang berbeda-beda hal ini membuat sulit mengatasi krisis Eropa. Sementara, Indonesia masih dipandang secara optimististis mengingat 60 persen ekonomi digerakan oleh konsumsi dalam negeri.

Sementara Rudiyanto selaku Senior Research Analyst PT Infovesta menyoroti bahwa bagi investor, saat yang paling tepat untuk investasi reksadana pada saat ini adalah ketika Indeks Harga Saham Gabungan berada di bawah 3700. “Karena fundamental kita bagus,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: