Salam Terakhir Sherlock Holmes

Sobatku Watson,

Aku menulis surat ini atas kebaikan hati Mr. Moriaty yang bersedia memberiku waktu sejenak sebelum kami membicarakan masalah yang ada di antara kami. Dia telah menceritakan padaku bagaimana caranya sampai dia bisa meloloskan diri dari polisi Inggris dan bagaimana dia tahu di mana kita berada. Aku benar-benar salut atas kemampuannya. Aku merasa gembira, karena sebentar lagi aku akan membebaskan masyarakat kita dari cengkeramannya, walaupun dengan harga yang sangat mahal yang mungkin akan membuat sedih hati teman-temanku, khususnya engkau, sobatku Watson. Tapi, aku kan pernah mengatakan padamu, bahwa karierku sudah mencapai garis akhir, dan aku senang sekali karena dengan cara beginilah karierku berakhir. Perkenankanlah aku mengaku padamu, sebenarnya aku sudah yakin bahwa surat dari Meiringen yang memintamu kembali ke sana itu palsu, tapi aku mendiamkan hal ini supaya kau bisa segera meninggalkanku, karena aku sudah mencium apa yang bakal terjadi di sini. Tolong katakan pada Inspektur Patterson bahwa surat-surat yang diperlukannya sebagai bukti untuk menghukum komplotan ini di pengadilan dapat diambilnya di kotak surat bertanda M, dalam amplop biru dengan tulisan “Moriaty.” Aku sudah mengurus harta milikku sebelum meninggalkan Inggris, dan semuanya kuwariskan pada kakakku Mycroft. Sampaikanlah salamku kepada Mrs. Watson,dan percayalah, kau adalah satu-satunya sobatku yang sejati.

Salamku,

Sherlock Holmes.

2 Comments to “Salam Terakhir Sherlock Holmes”

  1. ini surat sebelum holmes & prof.moriaty jatuh ke jurang itu kan? ohya, saya belum pernah baca novelnya, jd pengen tanya. setelah jatuh ke jurang, apa holmes selamat? soalnya kalo di film kan selamat dianya :mrgreen:

  2. iya…itu surat yang ditinggalin holmes ke watson pas setelah kejadian itu… selamat kok,, malah di novelny langsung beraksi kembali nangkep komplotannya prof.moriaty,,namany siapa gitu lupa,,ahli tembak/ snipper bekas tentara perang pkoknya 🙂
    mw baca novelnya? aq ada link downloadny

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: