DT(U)SD

IMG_7444Naik kereta selalu menyenangkan kawan, apalagi tujuannya adalah kampung halaman. Terbayang wajah orang-orang yang ada di rumah, masakan ibu yang uenak, udara kampung yang segar, dan hal-hal menyenangkan lainnya sudah cukup memberi alasan kuat untuk menempuh perjalanan berapapun lamanya (muehehe…). Tapi kali ini beda kawan, kereta yang kami naiki bukan kereta ekonomi, bisnis, pun eksekutif jarak jauh namun hanya kereta listrik tujuan Bogor. Ya, tujuan perjalanan kali ini adalah Bogor, tepatnya Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan (AP) yang bertempat di Gadog, Ciawi, Bogor. Kami, para calon pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan akan melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) selama sebulan penuh meliputi Diklat Teknis Umum (DTU) selama seminggu dan Diklat Teknis Sustantif Dasar (DTSD) selama tiga minggu.

Sesampainya di Pusdiklat AP setelah kami menyarter angkot dari stasiun Bogor ke Pusdiklat, kami masih belum tahu secara pasti medan yang akan kami hadapi baik itu lingkungan maupun pelatihan dan pendidikan yang akan kami terima. Sebenarnya kawan angkatan kami yang gelombang satu (sebelum gelombang kami) sudah melaksanakan diklat ini, namun demikian informasi yang diberikan masih sangat terbatas.

Awalnya pada saat gladi kotor pembukaan DTU, acara berjalan biasa-biasa saja. Namun setelah acara dibuka keesokan harinya, seketika kegiatan diklat ini menjadi agak horor (red.). Maksud saya horor bukan karena pusdiklat ini banyak hantunya (menurut para senior lokasi ini memang angker), namun lebih pada latihan fisik yang tidak kami prediksi sebelumnya. Menurut kawan-kawan gelombang satu, latihan fisik yang mereka lalui seperti halnya latihan fisik yang pernah kami terima pada saat kuliah dulu sehingga kami beranggapan bahwa kami pun mampu melaluinya dengan mudah. Semua hal yang kami dengar ternyata sangat berbeda dengan kenyataan cukup beratnya pelatihan fisik yang kami terima dikarenakan ada penggantian pelatih dari Kopassus. Beda pelatih beda pula metodenya. Itulah yang tampaknya kami rasakan, pelatihan fisik yang lebih berat dibanding gelombang sebelumnya. Memang cukup berat kawan, hari pertama saja kami sudah dibuat shock. Merayap, merayap punggung, merangkak, jalan jongkok, berlari, berendam di kolam ikan yang penuh lumut, berguling, jungkir ke depan, jungkir ke belakang, push up, sit up, dan latihan fisik lainnya kami jalani kawan. Peserta yang muntah tak terhitung jumlahnya pun ada yang akhirnya jatuh sakit sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan secara penuh, benar-benar pelatihan fisik yang berat menurut kami. Konflik pun sempat terjadi di antara kami hingga para perwakilan kami diberikan hukuman yang lebih berat dari pelatih.

Enam hari berasa lama sekali kawan. Hingga pada hari terakhir pelaksanaan DTU kami mengira semua pelaksanaan kegitan DTU telah berakhir begitu pula semua hukuman fisik dan hanya menyisakan acara penutupan. Ternyata kami salah besar. Jam setengah lima pagi kami dibangunkan kemudian direndam di kolam ikan yang penuh lumut. Menggigil, hanya itu yang dapat kami ungkapkan selain rasa dongkol yang teramat.

Akhirnya kegiatan DTU ditutup secara resmi dan berakhirlah masa-masa latihan fisik kami. Kegiatan ini cukup memberikan latihan fisik dan mental kepada kami. Masih banyak sebenarnya yang ingin saya ceritakan, tetapi ini kiranya sudah cukup mewakili. Sungguh indah untuk dikenang kawan, tapi tidak untuk diulangi (muehehe…).

Pekan berikutnya acara DTSD dibuka dan dilanjutkan dengan kegiatan belajar-mengajar selama tiga minggu termasuk ujian. Bahan belajar meliputi teori-teori dan juga praktik yang terkait dengan bidang perbendaharaan. Ada pula observasi lapangan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan (KPPN) Bogor, Bekasi, dan juga Kerawang. Dan akhirnya pada pekan terakhir DTSD ditutup dan menyisakan berbagai kenangan.

 

Bogor, 17 Maret – 12 April 2014

(mascah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: