Jaman Watu

Sedikit latah mengenai tren yang fenomenal belakangan ini, sampai sekarang masih juga sih. Entah sejak kapan dimulainya, atau saya saja yang kuper dan baru sadar. Sepanjang jalan di Kota Padang mudah sekali dijumpai para penjaja batu, pengasah batu, dan tentu saja pecinta batu. Bahkan orang-orang di kantor saya di badannya pada nempel aksesoris dari batu. Ada cincin yang segede gaban, liontin, gelang, sampai gesper ikat pinggang.

Saya sendiri mulai sadar akan kehadiran zaman batu ketika awal tahun 2015. Ketika itu ada tim pendampingan dari kantor pusat datang ke kantor saya. Mas Luthfiy salah satunya, wajahnya mirip sekali sama om Indro (Warkop DKI), serius lho,,heheh… Dia ini yang paling rajin berburu batu akik di Padang dibanding temannya yang lain. Kantor semakin heboh liat-liatan batu akik semenjak kehadirannya (atau mungkin saya yang baru nyadar, kemane aje gue… XD). Ketika itu jujur saya masih gak ngerti aseli apa yang dicari orang-orang dari batu. Harganya mahal-mahal pula.

Makin ke sini makin penasaran, sakjane opo to sing digoleki wong-wong ki jane, barang ora kena dipangan wae dituku, beh..beh.. Saking penasarannya saya mulai iseng ikut-ikutan orang lihat batu bongkahan yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan. Masih gak ngerti. Lihat-lihat batu akik yang sudah jadi juga. Masih gak ngeri juga. Sampai saya pernah update status di media sosial tentang batu akik, terus ada yang komen dan ngasih link bertajuk “monkey business” yang intinya bisnis ini gak akan bertahan lama dan hanya menguntungkan sebagian pihak saja di kemudian hari. Dan kemudian saya sepakat.

Lambat laun entah mengapa saya mulai tertarik dengan batu akik. Ada juga nilai seni dari batu akik rupanya. Terutama motif-motif yang secara alami terbuat dari alam. Ah, boleh lah beli satu atau dua biji buat kenang-kenangan, itung-itung meramaikan zaman batu pikir saya, hehe. Mulai dari sinilah saya iseng-iseng ikutan berburu batu, haha. :mrgreen:

Batu akik yang populer saat ini termasuk batu bacan, safir, zamrud, ruby, giok, kecubung, dan masih banyak lagi merupakan salah satu mineral yang terbentuk dari proses yang panjang. Hampir semua mineral dan batuan yang ada di muka bumi termasuk batu akik ini, berasal dari magma cair yang ada di dalam perut bumi, dengan kedalaman lebih dari 160 km dari permukaan tanah. Proses hidrotermal membentuk magma menjadi mineral atau batuan. Bila terbentuk mineral, maka bisa menjadi besi, tembaga, emas, nikel, dan banyak lagi. Tapi, proses hidrotermal juga membentuk batuan kristal, yang membentuk seperti intan, sampai batu akik, hingga batu koral atau batu sungai/kali. Jadi bisa dibilang magma ini mbahnya batu akik

Fenomenalnya batu akik ini juga ditandai banyaknya pameran batu akik. Di kota padang sendiri tiga bulan terakhir ini sudah ada tiga kontes dan pameran batu akik. Salah satunya di RRI Padang.

Jpeg

Dan inilah batu akik pertama saya, katanya sih giok aceh tapi entah bener atau mungkin saya yang dikibulin..haha. Dari batu ini saya buat cincin satu, kata orang-orang sih batunya cuman seketek (sedikit, bahasa minang,red.). Tapi biarlah,, saya ingin yang beda. Yang jelas gak terlihat kayak orang tua..haha.

Graphic2

Terus koleksi yang kedua adalah lumik sungai dareh yang berasal asli dari Sumatera Barat. Ini penampakannya.

Jpeg

Berikutnya sudah cukup dulu deh….biar gak keterusan,,haha. Mending uangnya buat nabung,,hehe…  Tapi nanti kalo nemu yang bagus mungkin bakal beli lagi.

Sumber:

https://www.facebook.com/HajikoPolines/photos/a.318294288369724.1073741827.318291965036623/354017588130727/?type=1

http://finance.detik.com/read/2015/03/13/063827/2857542/1034/asal-mula-batu-akik-yang-kini-booming

 

Padang, 25 Maret 2015

mascah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: