Mengatasi Powerhead (Pompa Air) Akuarium yang Bermasalah

IMG_20160409_072832

Pada kesempatan kali ini saya akan membagi tips mengenai pompa air dalam akuarium. Meskipun saya belum bisa dibilang akuaris tulen sedikit-sedikit jadi tahu dengan learning by doing, hehe. Beberapa waktu lalu saya memiliki masalah dengan pompa air dalam akuarium mini saya, pompa airnya tidak bekerja maksimal, sirkulasi airnya jadi tidak lancar semacam mampet kira-kira. Awalnya air dari pompa masih mau naik ke kotak filter meskipun sedikit, tapi beberapa hari kemudian air tidak mampu naik sampai masuk ke filter. Otomatis air dalam akuarium jadi agak keruh.

Awalnya saya pikir sudah waktunya ganti pompa air, namun saya coba-coba cari referensi dulu di internet barangkali masih ada sesuatu yang bisa saya lakukan ketimbang beli baru, sayang juga kan kalo main ganti aja, nanti jadi keterusan, hehe. Akhirnya saya nemu artikel di blog yang pas dengan permasalahan saya, ini link-nya https://ferboes.com/2015/02/16/penyebab-powerhead-rusak-dan-pencegahannya/. Nah dari sinilah saya dapat ilmu baru mengenai pompa air akuarium.

Setelah saya pelajari ternyata permasalahan tersebut bisa jadi dikarenakan pompa air yang kotor/tidak pernah dibersihkan dan memang pompa air saya dari pertama kali beli belum pernah dibersihkan (sekitar 7 bulan). Di sini saya menggunakan pompa air dengan daya 10 Watt. Nah, ternyata memang benar kendalanya ada di situ setelah saya bongkar bagian impeller (kipas/baling-baling) kotor banget. Pantas saja airnya mampet gak bisa naik ke atas.

 

pompa air

Cara membersihkannya gampang kok. Bongkar bagian impellernya cukup diputar aja kuncinya, gak perlu pake alat. Nah, kalau pas bersihinnya saya pake sikat gigi yang udah gak dipake. Dan setelah dibersihkan, voila! Pompa air normal kembali, airnya nyembur kenceng lagi 🙂

Sekian tips singkat mengenai pompa air akuarium yang bermasalah semoga bermanfaat.

Padang, 09 Mei 2016

mascah

 

 

 

 

 

Advertisements

13 Comments to “Mengatasi Powerhead (Pompa Air) Akuarium yang Bermasalah”

  1. Wah… Akhirnya punya teman blogger yg bajas aquarium… Salam kenal 😀

  2. Mas,kalau mau mengatur semburan air dari power head caranya gimana ya?,soalnya semburan airnya kencang,power head saya merek nikita star

  3. Punya saya ttp ga bisa kang..

  4. Punya saya ttp ga bisa kang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: