Archive for ‘article’

January 18, 2017

Hoax

Hoax dalam terminologi Bahasa Inggris bisa berarti olok-olok(an), cerita bohong, atau memperdayakan sedangkan dalam Bahasa Indonesia istilah ini belum diserap. Hoax muncul seiring makin berkembangnya media komunikasi yang juga disertai kebebasan individu mengemukakan pendapat. Namun bukan berarti hoax muncul akhir-akhir ini saja, secara substansi hoax sudah ada sejak zaman nenek moyang kita hanya saja cakupannya yang terbatas.

Istilah hoax sendiri semakin mengemuka di negeri ini terlebih karena bersinggungan dengan urusan politik. Apakah hoax selalu bermuatan negatif? saya rasa jawabannya iya, tapi bisa jadi tidak meskipun porsi bermuatan negatifnya pasti jauh lebih besar. Hoax yang menyatakan sebuah negeri terkendali untuk menghindari chaos yang lebih besar saya rasa bisa saja bermuatan positif meski di sisi lain juga bisa bermakna negatif. Hoax dalam skala kecil pun bisa jadi sangat banyak di sekitar kita bahkan kita sendiri bisa jadi pembuat dan penyebar sebuah hoax, misalnya gosip.

Apakah sesuatu informasi yang menyebabkan kebencian selalu bisa kita labeli hoax? Belum tentu. Orasi-orasi yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia untuk melengserkan pemerintahan orde baru saat itu memang menyebabkan kebencian, namun tidak serta merta berarti hoax. Menurut hemat saya hoax amat sangat dipengaruhi oleh sudut pandang. Hoax muncul karena ada informasi baru yang kita peroleh di mana informasi ini bertentangan dengan informasi awal yang kita yakini kebenarannya atau informasi yang ingin kita pertahankan eksistensinya.

Apakah gerakan anti-hoax akan terhindar dari segala macam hoax? Saya meragukannya. Hal ini kembali ke masalah sudut pandang tadi. Mungkin tanpa disadari kita adalah sumber hoax itu sendiri, istilahnya hoax teriak hoax.

Padang, 18 Januari 2017

mascah

 

January 15, 2017

Tikai Pendapat

Tulisan ini saya buat karena keprihatinan dan ketakutan yang cukup kuat yang membuat saya tidak tahan lagi untuk tidak ikut menyuarakan pendapat mengenai kondisi yang akhir-akhir ini terjadi di internal umat islam. Mohon izin tulisan ini hanya saya tujukan kepada rekan-rekan, kawan-kawan, dan sodaraku sekalian yang beragama islam. Dan juga tulisan ini merupakan pendapat saya pribadi dan tidak mewakili pihak mana pun.

Izinkanlah orang yang miskin ilmu, bukan ahli ibadah, dan masih sering bermaksiat ini sekadar menyampaikan uneg-uneg biar pikiran plong. Sebagaimana yang kawan-kawan ketahui, akhir-akhir ini banyak terjadi pertikaian pendapat (red) di negara kita khususnya melalui media sosial (medsos) dan media-media elektronik lainnya. Beberapa hari ini saya merasa miris melihat dan membaca berbagai postingan dan komentar yang ada di medsos (facebook=fb). Saya menggunakan fb sudah sejak lama semenjak tahun 2009. Cukup banyak manfaat yang saya peroleh seperti informasi terbaru, sharing untuk menyelesaikan tugas kuliah, terhubung dengan teman yang jauh, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak manfaat itu tentu ada beberapa nilai minusnya yang tanpa saya sebutkan pun kawan-kawan sudah tahu. Tapi itu dulu, satu-dua tahun belakangan ini di medsos dan media elektronik lainnya bermunculan berita-berita yang sifatnya tidak dapat kita jadikan pegangan begitu saja.

read more »

June 5, 2016

Era Baru Pembayaran Pajak dan Non-Pajak

mpngen2_1Era baru? Sebenarnya Sistem Billing atau Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua (MPN G2) bukan barang baru lagi karena produk ini telah diluncurkan mulai tahun 2014 lalu. Peluncuran produk ini ditandai juga dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32/PMK.5/2014 tanggal 10 Februari 2014 tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik.

Pada awal tahun 2016 ini beberapa bank persepsi tidak dapat lagi melayani pembayaran pajak dan non-pajak secara manual khususnya untuk bank swasta. Kemudian pada awal Juli 2016 nanti pembayaran akan full menggunakan MPN G2. Nah, bagi yang masih terbiasa menggunakan setoran manual lewat teller bank/pos persepsi (SSP, SSBP, SSPB, SSPCP) harus mulai belajar nih menggunakan MPN G2.

Pada intinya pembayaran melalui MPN G2 ini dibanding yang manual adalah peralihan ke sistem elektronik, lebih tepatnya full elektronik. Anda harus sedia komputer/laptop dan koneksi internet. Yang biasa setor nulis isian formulir dulu nantinya cukup ketik-ketik dan klik-klik pada layar komputer/laptop. Gampang kan? Gampang kok kalau udah belajar, hehe.

Ada tiga step dalam penggunaan MPN G2 ini, yang pertama wajib pajak/wajib bayar/wajib setor harus daftar dahulu agar memperoleh akun melalui portal sse.pajak.go.id atau sse2.pajak.go.id (untuk pembayaran pajak) dan simponi.kemenkeu.go.id (untuk pembayaran non-pajak), nb: untuk pembayaran bea dan cukai sementara ini hanya dapat dilakukan oleh petugas bea cukai setempat. Kedua adalah pembuatan billing. Dalam step ini Anda akan dihadapkan form layaknya isian manual, jadi cukup ketik-ketik dan klik-klik aja. Nah, yang terakhir adalah pembayaran. Kalau dulu bayar setoran harus ke bank/pos persepsi yang tentu saja dibatasi jam kerja, dengan MPN G2 ini Anda akan dimanjakan dengan berbagai alternatif metode pembayaran, bisa tetap melalui teller bank/pos, ATM, internet banking, EDC, dll. Dengan berbagai metode pembayaran ini tentu saja waktu pembayaran akan open selama 24 jam, kapan pun dan di mana pun selama Anda memiliki koneksi internet. Tertarik? Oya, jangan lupa untuk step terakhir ini pastikan Anda memperoleh bukti pembayaran Bukti Penerimaan Negara (BPN) karena dokumen inilah yang menjadi dokumen sah pembayaran Anda.

Dan terakhir yang perlu ditekankan “Mulai 1 Juli 2016 wajib menggunakan MPN G2”. Jadi kudu mulai belajar dari sekarang lho biar gak kaget, hehe. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Padang, 05 Juni 2016

mascah

May 9, 2016

Mengatasi Powerhead (Pompa Air) Akuarium yang Bermasalah

IMG_20160409_072832

Pada kesempatan kali ini saya akan membagi tips mengenai pompa air dalam akuarium. Meskipun saya belum bisa dibilang akuaris tulen sedikit-sedikit jadi tahu dengan learning by doing, hehe. Beberapa waktu lalu saya memiliki masalah dengan pompa air dalam akuarium mini saya, pompa airnya tidak bekerja maksimal, sirkulasi airnya jadi tidak lancar semacam mampet kira-kira. Awalnya air dari pompa masih mau naik ke kotak filter meskipun sedikit, tapi beberapa hari kemudian air tidak mampu naik sampai masuk ke filter. Otomatis air dalam akuarium jadi agak keruh.

Awalnya saya pikir sudah waktunya ganti pompa air, namun saya coba-coba cari referensi dulu di internet barangkali masih ada sesuatu yang bisa saya lakukan ketimbang beli baru, sayang juga kan kalo main ganti aja, nanti jadi keterusan, hehe. Akhirnya saya nemu artikel di blog yang pas dengan permasalahan saya, ini link-nya https://ferboes.com/2015/02/16/penyebab-powerhead-rusak-dan-pencegahannya/. Nah dari sinilah saya dapat ilmu baru mengenai pompa air akuarium.

read more »

April 23, 2012

Tabarruk

Tabarruk (ngalap berkah) berarti meraih berkah, kebaikan, dan kebahagiaan dengan media sesuatu yang diistimewakan Allah. Diistimewakan karena Allah telah sematkan/ alirkan kepadanya keberkahan, yakni energi positif yang dapat mendatangkan keberkahan kepada yang lain, tentu atas izin-Nya.

Syiar-syiar di Tanah Haram seperti Hajar Aswad, Ka’bah, maqam ibrahim, makam Nabi Saw di Madinah, atau masjid-masjid tua, dan karya-karya besar warisan para pewaris Nabi (para ulama saleh dan kekasih Allah), makam mereka, serta petilasan orang-orang saleh, bahkan orang saleh yang masih hidup, adalah sebagian contoh dari sekian “benda-benda” suci penuh berkah yang umumnya ada di sekitar lingkungan kita. Kita dapat bertabarruk dengannya: menziarahi, berzikir dan berdoa, mempelajari, bersilaturahmi dan memohon doa, bertukar pikiran atau konsultasi, menghormati , dan bahkan dengan tulus menciumi, tanpa jatuh pada pengkultusan berlebihan. Satu contoh “ungkapan” bertabarruk, adalah tradisi tabarukan di Jawa atau kalangan muslim lainnya.

Buku ini dengan mudah, otentik, dan logis menunjukkan betapa tabarruk sudah turun temurun dipraktikkan oleh para Nabi, Nabi Saw sendiri, para sahabat, dan orang-orang saleh, dan kemudian memberikan contoh cara-cara tabarruk dari mereka. Hanya pandangan dangkal saja yang menganggap praktik ini bid’ah.

Penulis:

Prof. Shobah Ali Al-Bayati — Terlahir di Irak, tepat di Kota Zakho pada tahun 1953 dari sebuah keluarga penganut Mahzab Syafi’i fanatik. Lulusan Fakultas Tarbiyah jurusan Bahasa Arab University of Shalahudin, Irbil, Irak (1989).

NB: buku ini tersedia dan dapat dipinjam di Perpustakaan Immsi

January 28, 2012

Penghalang Menghafal Ilmu

(Dikutip dari: Islam Happy Ending karya Abu al-Hasan ‘Ali bin Muhammad bin Habib Al-Mawardi)

Penyebab penghalang untuk menghafal ilmu setelah mampu memahami suatu makna adalah lupa yang timbul karena mengabaikan kekurangan dan bersikap tidak acuh pada kekeliruan. Sudah semestinya orang yang menderita hal itu menutupi kekurangannya dengan cara memperbanyak dan meningkatkan belajar dan bangkit dari kelalaiannya dengan cara melakukan kajian secara terus-menerus. Ada yang mengatakan, “Jika seseorang mengabaikan pelajaran dan tidak bekerja keras dalam mempelajarinya maka ia tidak akan mendapatkan ilmu.”

Banyak belajar akan menimbulkan kelelahan sehingga orang tidak akan bersabar melakukannya kecuali orang yang menganggap ilmu sebagai harta yang sangat berharga dan melihat kebodohan sebagai utang. Karenanya, ia berani mengahadapi berbagai bentuk kelelahan belajar untuk mendapatkan kepuasan ilmu dan terlepas dari jeratan kebodohan. Keagungan hanya dapat diperoleh melalui pengorbanan dan perjuangan yang besar. Kesuksesan yang diperolehnya sesuai dengan kadar minat dan kecintaannya. Ketenangan dan kepuasan diukur berdasarkan kelelahan dan keletihannya.

Ada juga orang yang mengatakan, “Mencari kepuasan dan ketenangan akan mengurangi istirahat.”

Seorang bijak mengatakan, “Sempurnanya kesuksesan terletak dalam perolehan yang tidak melelahkan, dan kemuliaan ilmu terletak dalam pencariannya yang tidak menimbulkan kehinaan.”

Terkadang seorang pencari ilmu merasa berat untuk mempelajari dan mengahafal pelajarannya. Setelah mampu memahami maknanya, ia malas merujuk dan mengkaji ulang buku sehingga ia seperti seorang pemburu yang melepaskan kembali buruannya karena merasa yakin bahwa ia mampu menguasainya sesudah bisa menikmatinya, padahal keyakinan yang berlebihan menimbulkan

read more »

December 20, 2011

Macet Dah!

Macet sudah menjadi hal yang lumrah dan bahkan tak terpisahkan dari ibukota tercinta, Jakarta. Di sana sini terus saja terjadi kemacetan, bukannya berkurang malahan meningkat tiap tahunnya. Untuk menempuh jarak yang relatif dekat saja misalkan Anda naik mobil pribadi atau lebih-lebih angkutan umum akan terasa menjadi luar biasa jauhnya. Lagi, jalan tol yang biasanya kita sebut sebagai jalan bebas hambatan, bagi jakarta sudah biasa macet. Bagaimana dengan jalan-jalan biasa lainnya? Tentu ini tidak diharapkan oleh semua kalangan, baik pemerintah maupun masyarakat. Logikanya, kalau banyak orang yang menginginkan dapat diatasinya kemacetan tentu kesemuanya akan berusaha bersama-sama untuk mengatasi kemacetan tersebut. Namun, kenapa kemacetan terus saja terjadi? Apakah tidak ada tindakan nyata dari pihak-pihak tersebut? Tentu upaya-upaya untuk mengatasi kemacetan masih terus berlangsung namun memang belum ditemukan formula yang tepat untuk mengatasi kemacetan ini. Setiap solusi yang ditawarkan selalu saja mengundang permasalahan yang baru sehingga usaha yang ada pun tidak berbuah hasil.

Dalam artikel ini saya akan menyampaikan pendapat saya seputar kemacetan dan mencoba memberikan solusi untuk mengatasi kemacetan. Menurut saya masalah kemacetan di Jakarta bisa dibilang sangat rumit dan begitu sulit untuk diatasi. Namun tentu saja ini bukan nilai mati, masih ada berbagai alternatif dan jurus yang dapat kita tempuh untuk mengatasi kemacetan tersebut. Meski demikian diperlukan waktu yang sangat lama dan ketegasan pemerintah dalam

read more »

December 17, 2011

Freemason, Illuminati, dan Atlantis dalam Benak Saya

Kata  freemason, illuminati, dan atlantis dulunya sangat asing ditelinga saya. Namun, kini saya menjadi terbiasa mendengarnya. Sebenarnya ada apa dengan ketiga kata tersebut? Dalam kesempatan ini mungkin saya hanya akan memaparkan sumber yang saya peroleh dari ‘Wikipedia bahasa Indonesia’ dan sedikit tanggapan saya pribadi yang bisa jadi tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Mari kita mulai dari pembahasan mengenai freemason. Freemason adalah sebuah organisasi persaudaraan (brotherhood) sekuler yang terbesar di dunia yang beranggotakan sekitar 6 juta orang dari kurang lebih 120 negara. Organisasi Freemason tidak memunyai pusat, setiap negara memunyai organisasi yang berdiri sendiri. Sekalipun demikian setiap organisasi Freemason di mana pun akan memunyai nomor pendirian dan berhubungan satu dengan lainnya. Freemason juga memunyai Master tertinggi yang merupakan master tertinggi dari seluruh Master Freemason yang bertugas melakukan koordinasi seluruh Freemason yang ada di dunia.

Freemason merupakan organisasi tertutup dan ketat dalam penerimaan anggota barunya. Organisasi ini bukan merupakan organisasi agama dan tidak berdasarkan pada teologi apapun. Tujuan utamanya adalah membangun persaudaraan dan pengertian bersama akan kebebasan berpikir dengan standar moral yang tinggi. Freemason sendiri adalah simbolik dari pengertian pekerja keras yang memunyai kebebasan berpikir. Kata mason berasal dari bahasa Perancis, maçon, yang artinya “tukang batu”. Sekalipun organisasi ini merupakan

read more »

November 12, 2011

Rekaman Ngaji Al-Hikam – Drs. KH. Imron Djamil

Kitab Al-Hikam dikarang oleh asy-Syaikh Ibn ‘Ataillah. Kitab tasawuf ini berisikan petuah-petuah ketaatan, kebaikan, kebijaksanaan dan lain-lain. Kitab ini cukup populer di Indonesia dan di dunia.
Pengarang buku ini asy-Syaikh Ibn ‘Ataillah menurut beberapa murid dan sahabatnya merupakan seseorang yang diberikan kelebihan berupa karomah. Salah satu sufi besar yang sampai sekarang namanya tetap harum melalui karya-karyanya.

Berikut link download rekaman ngaji Al-Hikam oleh Drs. KH. Imron Djamil klik si sini

Oh iya, gambar kitab di samping diambil dari internet, jd tidak perlu terlalu diperhatikan, hehe. Perlu diingatkan bahasa yang digunakan hampir seluruhnya adalah bahasa jawa ^^

Moga bermanfaat 🙂