Archive for ‘treasury (perbendaharaan)’

June 30, 2016

Panduan Pembayaran IWP Pemda Melalui Simponi (Billing System/MPN G2)

A. Pendaftaran User

1. Masuk ke portal simponi melalui link www.simponi.kemenkeu.go.id

2. Klik daftar kemudian daftar pengguna

image006image004

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Check list “user billing non anggaran” kemudian isi data yg bertanda bintang (*). Pastikan email dalam kondisi aktif dan bisa dibuka.

read more »

Advertisements
June 5, 2016

Era Baru Pembayaran Pajak dan Non-Pajak

mpngen2_1Era baru? Sebenarnya Sistem Billing atau Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua (MPN G2) bukan barang baru lagi karena produk ini telah diluncurkan mulai tahun 2014 lalu. Peluncuran produk ini ditandai juga dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32/PMK.5/2014 tanggal 10 Februari 2014 tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik.

Pada awal tahun 2016 ini beberapa bank persepsi tidak dapat lagi melayani pembayaran pajak dan non-pajak secara manual khususnya untuk bank swasta. Kemudian pada awal Juli 2016 nanti pembayaran akan full menggunakan MPN G2. Nah, bagi yang masih terbiasa menggunakan setoran manual lewat teller bank/pos persepsi (SSP, SSBP, SSPB, SSPCP) harus mulai belajar nih menggunakan MPN G2.

Pada intinya pembayaran melalui MPN G2 ini dibanding yang manual adalah peralihan ke sistem elektronik, lebih tepatnya full elektronik. Anda harus sedia komputer/laptop dan koneksi internet. Yang biasa setor nulis isian formulir dulu nantinya cukup ketik-ketik dan klik-klik pada layar komputer/laptop. Gampang kan? Gampang kok kalau udah belajar, hehe.

Ada tiga step dalam penggunaan MPN G2 ini, yang pertama wajib pajak/wajib bayar/wajib setor harus daftar dahulu agar memperoleh akun melalui portal sse.pajak.go.id atau sse2.pajak.go.id (untuk pembayaran pajak) dan simponi.kemenkeu.go.id (untuk pembayaran non-pajak), nb: untuk pembayaran bea dan cukai sementara ini hanya dapat dilakukan oleh petugas bea cukai setempat. Kedua adalah pembuatan billing. Dalam step ini Anda akan dihadapkan form layaknya isian manual, jadi cukup ketik-ketik dan klik-klik aja. Nah, yang terakhir adalah pembayaran. Kalau dulu bayar setoran harus ke bank/pos persepsi yang tentu saja dibatasi jam kerja, dengan MPN G2 ini Anda akan dimanjakan dengan berbagai alternatif metode pembayaran, bisa tetap melalui teller bank/pos, ATM, internet banking, EDC, dll. Dengan berbagai metode pembayaran ini tentu saja waktu pembayaran akan open selama 24 jam, kapan pun dan di mana pun selama Anda memiliki koneksi internet. Tertarik? Oya, jangan lupa untuk step terakhir ini pastikan Anda memperoleh bukti pembayaran Bukti Penerimaan Negara (BPN) karena dokumen inilah yang menjadi dokumen sah pembayaran Anda.

Dan terakhir yang perlu ditekankan “Mulai 1 Juli 2016 wajib menggunakan MPN G2”. Jadi kudu mulai belajar dari sekarang lho biar gak kaget, hehe. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Padang, 05 Juni 2016

mascah